ANGGREK

 ANGGREK

  

 

WARNA SAMA, BEDA BENTUK KELOPAKNYA

Aku suka bunga anggrek awalnya karena aku suka bunga.  Aku juga suka tanaman hias meskipun dia nggak berbunga. Tanaman memberi warna hijau yang sejuk di lingkungan rumah, membersihkan udara dari polusi, dan membuar rumah tinggal terasa nyaman.

Bunga adalah sebuah karunia yang lain lagi, penuh keajaiban. Warna warni yang membentuknya muncul dari mana? Begitu saja, dari udara, dari tanah, dari tetes-tetes air yang membasahinya….

Bunga di lingkungan rumah membuat rumah jadi hidup, berwarna, riang. Bisa juga ngedongkrak mood.

Lalu keistimewaan lain dari anggrek yang  bikin aku jadi makin takjub : bunganya awet alias tahan lama. Lama banget bisa sebulan dua bulanan. Bandingkan umpamanya dengan melati gambir yang tahan cuma sehari, adenium tiga hari, kenanga beberapa hari, wijaya kusuma yang malah cuma semalam saja.

Kemudian ternyata aku juga menemukan kalau bunga anggrek sangat banyak variannya. Hobi ini kayanya bakalan gak ada habisnya jadinya…..

Sekedar contoh, coba lihat dua foto anggrek warna ungu di bawah ini…..

Nah, apakah keduanya bunga yang sama ?

 

ANGGREK JENIS DENDRO

Koleksi pertamaku adalah anggrek jenis dendrobium. Jenis ini cukup gampang perawatannya, jadi cocok untuk mengawali belajar memelihara anggrek.
Satu dua koleksi pertamaku lancar, tumbuh sehat dan juga subur. Buktinya dia cukup rajin berbunga.
Lalu setiap lewat tukang kembang yang mejeng anggrek jadi jualannya, aku mulai larak-lirik. Wah, belum punya nih bunga yang ini…..
Begitu aja terus sampai lama-lama anggrekku jadi lumayan banyak!

Anggrek ternyata juga berbunga tak kenal musim. Musim panas, musim hujan seharian, kalo dia mau berbunga ya hayo aja…… 

Nggak cuma rajin berbunga, lama kelamaan mereka juga berbagi tunas-tunas baru. Tunas yang tumbuhnya di tengah batang biasanya akan aku pisah dari batang induknya supaya nggak memberati induk. Tunas yang begini banyak sekali, nggak mungkin kalo mau kurawat semua…jadi aku menggratiskan aja buat yang mau, asal bener-bener dirawat….

Dari sebuah pameran anggrek, suatu hari aku menemukan sebuah stan yang menjual anggrek dendro dari jenis yang super. Ia bisa mencapai tinggi tiga meter lebih dalam pertumbuhannya.

 

BUAH ANGGREK

Belum lama ini salah satu koleksi dendroku yang warna ungu malahan berbuah!  Baru kali ini aku tahu, seperti itu buah anggrek…..

Ada lagi anggrek jenis lain yang masuk ke kebunku, yang ini namanya “golden shower”. Bunganya kecil-kecil tapi aku suka sama warna cerahnya yang terang banget….

 

ANGGREK BULAN

Rupanya suami lama-lama ketularan juga sama hobiku. Dia coba-coba mengoleksi anggrek jenis lain, anggrek bulan.

Awal mulanya aku sama sekali ragu anggrek bulan mau hidup di rumah kita. Pasalnya cuaca harian di daerah kita dominan panas terik, sementara setahuku anggrek jenis itu kan butuh cuaca yang adem dan lembab. Sayang kan kalo udah dibeli mahal taunya mati…..

Tapi nggak putus asalah, demi bunganya yang besar dan cantik, kita pasang net untuk teduhan si anggrek. Berhasil! Dia tumbuh dan berbunga……

LIBUR AKHIR TAHUN 2009 : SITU PATENGAN – KAWAH PUTIH – RANCA UPAS

 ET CETERA

 

 

PHOTO STORIES AT KAMPUNG PA’GO

  • About The Village

 

 

  • Hiking For Breakfast

 

 

 

  • For Relaxing

 

 

  • For Swimming  

 

 

  • Beauty Surrounding 

 

 

 

 

MAMAKU KOKI HANDAL !

walaupun masakan mama nggak sekece masakan koki hotel bintang 5, tapi masakan mama tetap paling penuh cinta. aku cinta masakan mamaku!

Mind Release

Relax is the key to the higher conscience

ocehan

Just another WordPress.com site

Mata, Rasa & Kata Muadzin

Wadah. Agar tertampung. Tak terbuang.