RESEP DODOL AGAR-AGAR

Ini adalah makanan kecil berbahan dasar agar-agar rumput laut. Rasanya sangat manis, legit, gurih, kenyal menyerupai dodol. 
Resep ini dipraktekkan waktu tgl. 20 Desember lalu di acara arisan RW di rumahku. Hasilnya jann….uenakkkk tennnann!! 
Bagi teman-teman pembaca yang mau mencoba boleh catat resep di bawah ni…… Jangan lupa ya, bagi-bagi kalo dah jadi!! 

##BAHAN YANG DIBUTUHKAN : 

1. Agar-agar rumput laut 6 bungkus. Untuk resep ini disarankan warna coklat atau putih. 

2. Gula pasir 1 kg. 

3. Susu kental manis 1 kaleng, putih atau coklat. 

4. Santan instan siap pakai kemasan kotak 150 ml. 

5. Coklat bubuk 90 gram.        

6. Air matang kira-kira 1200 ml, suhu ruang. 

##CARA PEMBUATAN : 

* Siapkan perlengkapan memasak yaitu panci, sendok spatula, mangkok, sendok, cetakan agar-agar.

 

 * Larutkan coklat bubuk dengan menambahkan segelas air matang yang telah disiapkan. Aduk hingga larut merata. Sisihkan.  

* Tuang sisa air ke dalam panci, masukkan semua agar-agar lalu aduk hingga merata, kemudian jerang di atas kompor dengan api kecil. 

* Masukkan gula pasir, aduk hingga gula larut. 

 

* Tuang susu kental manis, aduk merata. 

 

* Masukkan santan siap pakai, aduk rata. 

* Terakhir, masukkan larutan coklat bubuk. Aduk sesekali hingga larutan tercampur rata. Setelah mendidih, biarkan kira-kira 5 menit hingga adonan benar-benar matang dan mengental, sambil sesekali aduk. 

* Setelah matang, matikan api, lalu langsung tuang ke dalam cetakan. Lebih bagus lagi bila cetakan agarnya yang kecil-kecil berbentuk aneka buah atau binatang, hasil akhirnya lebih menarik. Adonan ini cepat sekali mendingin. Setelah dingin masukkan ke dalam lemari es. 

Kalu mau mencoba improvisasi mungkin rasa coklatnya bisa diganti dengan rasa yang lain ya, umpama stroberi, mangga, jeruk…. Bubuk coklat diganti aja dengan buah dengan takaran yang kira-kira sama, dihaluskan dulu atau diblender dengan sedikit air. Mungkin lain kali aku mau juga coba variasinya. Bisa juga ini jadi bahan jualan, kalau dicetak dengan bentuk kecil-kecil yang lucu trus dikemas plastik, tentu anak balita tertarik. 

  Catatan : SANGAT TIDAK DISARANKAN UNTUK YANG SEDANG DIET GULA!!!! Gileee…liat aja tuh bahan-bahannya, fullll muanis…. Boleh coba tapi secuil kecil aja ya…hehehe…. 

Ucapan terimakasih kepada : 

- Bu Haryani PL,  yang sudah repot mboyong peralatan memasak ke rumah, bahkan kompor portabelnya sempat macet dikit…hehe. Untung  ada Pak Waluyo. 

- Pak Waluyo, yang berhasil membetulkan kompor Bu Har, padahal cuma diklik dikit langsung bisa ya…. 

- Ibu-ibu anggota arisan PKK RW 08 Kel. Jayamukti Cikarang Baru, yang pada hari itu bener-bener ruame abis! Ada stori yang kayanya gak akan terlupakan…. 

- Ceuceu, yang udah bantu ngerapikan rumahku lagi setelah porak-poranda…. 

  

  

 

About these ads

8 Comments (+add yours?)

  1. sonny
    Nov 30, 2011 @ 10:37:23

    numpang tanya kalau santan diganti yang bukan instan gimana hasilnya? coklat bubuknya merek apa ya?

    salam :)

    Reply

  2. ratna
    Nov 30, 2011 @ 10:43:06

    Blm pernah coba sih, tapi coba aja ganti tapi yg kentalnya aja, perkiraan saya sih mungkin kurang harum. Coklat bubuk? Wah ada tuh kelihatan di foto, mereknya V*n Hou*en .. :D Maaf ya takut ngiklan, semoga ngerti maksudnya.
    Thanks ya sudah mampir, selamat mencoba, ntar hasilnya diposting ya.

    Reply

  3. tina
    Jan 24, 2012 @ 01:19:51

    bisa tahan berapa lama dodol agar2nya ???

    Reply

  4. ratna
    Jan 24, 2012 @ 01:40:53

    Sayangnya nggak tahan lama sist .. nggak tahan buat ngabisin maksudnya :D. Kidding, serius mungkin bisa seminggu tahan di kulkas, biasanya jenis ager kalau kelamaan kisut. Makasih banget ya sudah mampir, dicoba ya resepnya :).

    Reply

  5. yeshe
    Aug 10, 2012 @ 15:39:48

    mau nyoba ach… buat jualan nie agaknya bisa’

    Reply

  6. yeshe
    Aug 10, 2012 @ 15:41:03

    kalau diganti ma pandan yg botolan bisa ga ya..???
    biar ga coklat2 gitu..

    Reply

  7. ratna
    Aug 11, 2012 @ 07:35:30

    Hmmm mungkin bisa juga, tapi disesuaikan aja dengan berat coklat bubuk yang 90 gr tadi ya, selamat mencoba, jangan lupa ntar kalo berhasil diposting ya :)

    Reply

  8. Nophri RavieNophi (@siiNophArcher)
    Jun 17, 2013 @ 04:12:55

    hmm udh lama cri resep ini..
    izin copas yah ,mbag sekaligus praktek. makasih mbag :)

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

MAMAKU KOKI HANDAL !

walaupun masakan mama nggak sekece masakan koki hotel bintang 5, tapi masakan mama tetap paling penuh cinta. aku cinta masakan mamaku!

Mind Release

Relax is the key to the higher conscience

ocehan

Just another WordPress.com site

Mata, Rasa & Kata Muadzin

Wadah. Agar tertampung. Tak terbuang.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: