TANAMAN WIJAYA KUSUMA

Tanaman wijaya kusuma termasuk dalam famili kaktus. Menurut para ahli botani, tanaman ini asalnya dari hutan tropis di  Amerika Selatan. Ia mampu hidup di daerah yang bersuhu sedang hingga tropis.

Bagian batang dan daun pada tanaman ini baru dapat dilihat bedanya setelah ia berumur cukup tua. Daun berbentuk pipih, halus tanpa duri, warnanya hijau, ada tulang daun di tengahnya. Sekeliling tepi daun ada lekukan-lekukan tempat bakal daun atau bakal bunga muncul. Daun yang menua akan mengeras dan mengecil membentuk batang tanaman.

Aku punya tanaman ini sudah beberapa tahun, lupa persisnya dari kapan, ambil bibit steknya dari punya Om di Karawang. Ya, gampang sekali cara pembiakan tanaman ini, seperti kaktus umumnya deh! Cukup stek batang atau daun aja. Kalau sukses, beberapa minggu akan muncul bakal daun di lekukannya. Ia akan tumbuh memanjang terus, jadi baiknya dikasih senderan supaya nggak rubuh, atau diikat di pagar. Kalau nggak mau tumbuh tinggi, harus rajin dipotong. Jangan dibuang potongannya! Sayang, tanam aja lagi biar berumpun nanti.

Seingatku ia sudah beberapa kali berbunga. Setahun bisa sampai dua kali, tergantung cuaca sih kayanya. Nah, sudah dua bulan ini Cikarang hampir tiap hari hujan, kadang deres, seringnya rintik-rintik. Kalaupun nggak hujan, pasti mendung seharian. Cuaca seperti itu bikin udara sehari-hari jadi ekstra dingin. Ini memicu tanaman menumbuhkan bunga.

Bunga Wijaya Kusuma

Bunga wijaya kusuma tidak mudah munculnya, tergantung pada iklim, kesuburan tanah dan cara pemeliharaan. Oya, mungkin juga tergantung siapa pemilik tanaman……he. Ini sih kata orang lho!

Bunga akan merekah hanya satu kali saja. Perhatikan : HANYA SATU KALI SAJA!! Waktu merekahnya dimulai pada menjelang tengah malam. Pada waktu ia merekah penuh, yaitu pas tengah malam, diameternya mencapai 10-15 sentimeter. Kelopak bunga warnanya putih bersih. Saat  mekar ia mengeluarkan bau yang amat wangi….(*hiiiii…). Semakin menjelang pagi ia makin menguncup kembali, dan takkan mekar lagi untuk selama-lamanya…..

Proses Mekarnya Si Bunga Langka

Seperti inilah keadaan bunga wijaya kusuma yang akan mekar malam harinya. Hari itu seharian Cikarang hujan rintik-rintik. Tanaman dan bunga yang aku taruh dibawah naungan pohon basah. 

Hari masih  jam 7.30 malam, tapi bunga sudah menunjukkan tanda-tanda mulai merekah. Lihat kuncup mulai membuka. Ini rasanya pengaruh dari cuaca yang sedang musim hujan, sangat dingin dan lembab, sehingga mempengaruhi awal proses mekar bunga ini. Waktu cuaca nggak sedingin ini,  biasanya dia baru menunjukkan tanda akan mekar sekitar jam 10 malam.

Selang satu jam berikutnya rekahan semakin lebar. Ini benar-benar cepat. Biasanya diluar musim penghujan posisi bunga seperti ini ini dicapai sekitar jam 11 lewat. Dalam keadaan kaya gini, bau wanginya sudah tercium. Nggak perlu deketin hidung ke kelopak, wong jarak beberapa meter aja udah kecium wanginya….uhmmm.

Belum jam sepuluh malam tapi bunga wijaya kusuma sudah mendekati mekar sempurna….hebat!! Ini artinya dia akan mengalami fase merekah sempurna yang lama juga nih, lebih dari dua-tiga jam.

Betul kan? Belum jam 12 malam tapi bunga sudah mekar sempurna. Coba kita lihat…

Hari makin malam, cuaca diluar juga makin dingin dan angin juga lumayan kenceng. Titik hujan masih sesekali membagi basahnya.

Hoahhhemm! Ngantuuk berat. Nggak tahan lagi, aku tidur aja deh. Kita lihat besok pagi akan seperti apa dia….

 

“Heavenly Beautiful”

About these ads

23 Comments (+add yours?)

  1. Lois
    Jan 17, 2010 @ 08:09:53

    Indah sekali bunga Wijaya Kusumanya. Saya sendiri belum pernah melihatnya, walaupun saya punya koleksi tanaman Epiphyllum yang masih saudara sepupunya Wijaya Kusuma (yang juga dikenal dengan nama Night Blooming Cereus). Epiphyllum bermacam macam warnanya, yang jenis hybrid bunganya mekar beberapa hari/minggu tapi tidak wangi……

    Mereka bilang kalau menanam bunga Wijaya Kusuma dan bisa berkembang berarti pemiliknya ‘a very lucky person’ :)

    Reply

  2. ratna
    Jan 18, 2010 @ 03:40:42

    Thanks Lois sudah visit blog saya..
    Ya, begitulah kata orang-orang, terutama menurut kepercayaan orang suku Jawa…
    Apapun itu, saya cuma suka aja bunganya, kalau terus menjadi a very lucky person, I accept that as a bonus..he.

    Reply

  3. riqsurya
    Jan 18, 2010 @ 08:39:06

    terakhir di halaman rumah saya jg berbunga sebanyak 20 bunga …ehhmmmm wangi sekali.

    Reply

  4. emil
    May 03, 2010 @ 01:05:07

    saat ini saya domisili malang,saya baru memelihara wijaya kusuma sejak 3 bln lalu…wijaya kusuma tsb lebih kecil,tidak wangi,tapi rajin skali berbunga.. sminggu skali dy berbunga..namun bungax jg gak besar..hehehe… di kota asal saya (balikpapan),wijaya kusuma yg saya miliki bentukx persis sperti di foto, ukuran tanaman besar, bunganx jg besar, agak wangi…
    kok beda y ama yg d malang…hehehe…ap krn wijaya kusuma sy ni masi kecil…yaahh….smoga tumbuh sehat,subur,dan senantiasa berbunga…

    Reply

  5. ratna
    May 03, 2010 @ 05:15:24

    Emil, mungkin yg anda maksud wijaya kusuma kecil ya ? Biasanya dijadikan tanaman gantung, bunganya memang kecil.

    Reply

  6. sugeng
    Jul 12, 2010 @ 14:43:14

    emang yang baunya harum itu yang gmn ya?soale punyq yang daunx besar n lebar ga wangi?????
    emang ada berapa jenis bunga wijaya kusuma yah???????

    Reply

    • ratna
      Jul 13, 2010 @ 07:30:22

      Hai Sugeng, selamat datang di blog saya .. :-)
      Ttg wijaya kusuma koleksimu memang ada yg seperti itu, aku juga punya. Daunnya juga lebarnya sama, tapi bunganya ketika mekar tidak harum.
      Konon menurut dongeng, bunga wijaya kusuma yang asli adalah yang wangi saat dia mekar … hehehe. Ah, itu dongeng sih. Kalo ditilik dari jenisnya ya mungkin ada banyak, saya sendiri nggak paham. Tapi saya juga punya jenis lain yaitu yang daun dan bunganya kecil2 dan dijadikan tanaman hias gantung. Ada jenis lain lagi lho yang daunnya berbentuk seperti keris meliuk-liuk …..

      Reply

  7. wardi261
    Jan 19, 2011 @ 16:42:27

    sampai saat ini berbunga atau tdk, banyak atau sedikit memang ada benarnya pengalaman mistik org terdahulu, pengalaman bhw saya tdk merawat khusus wijaya kusuma di rumah namun rajin berbunga
    link album foto dpt dibrowse di:

    http://cid-f3a18868d2ad8e65.photos.live.com/browse.aspx/Suardi%5E4s%20Album/Wijaya%20Kusuma

    Reply

    • ratna
      Jan 20, 2011 @ 01:11:37

      Terima kasih banyak Pak sudah sharing fotonya juga, kalau ada info lebih banyak lagi tetntang varian wijaya kusuma saya akan sangat senang, mengingat ilmu saya masih sangat minim.

      Reply

  8. taufik
    Feb 10, 2011 @ 00:27:12

    just sharing Bu, barangkali bermanfaat.

    http://www.facebook.com/group.php?gid=279707476235

    Reply

  9. intan
    Feb 19, 2011 @ 06:27:23

    Ratna, wa intan tinggal dimedan.
    Intan sangat tertarik ama bunga ini, tapi orang medan tdk ada yang tau.
    Waktu wa ke kota brastagi, ada beli katanya bunga wijaya kesuma, tapi warnanya kok merah. blh tdk minta lebih banyak contoh gambar bunga wijaya kesuma.

    Reply

  10. Ni'matus Sholihah
    Mar 09, 2011 @ 03:27:16

    Cantik n harum. Sayang…hanya bertahan merekah semalam

    Reply

  11. ketut nara
    Aug 11, 2011 @ 04:35:37

    wijaya kusuma yang dicintai

    Reply

  12. Ryo
    Apr 18, 2012 @ 14:46:56

    Ratna yg baik,..
    Bagi aku dong tampang bunga Wijaya Kusuma nya,..aku pengen bgt punya bunga ini, sekalian buat ngobatin ibu aku,..dia sakit katanya salah satu obat herbal yg baik yaitu bunga kusuma wijaya,..ini No Hp aku..085651942274.. kalau bisa aku minta no hp kamu, entar aku kirimin alamat aku,..aku tinggal di kalimantan di sini susah bgt cari bunga Kusuma Wijaya,..maukan bantuin aku,

    Dari : Dikalimantan barat ( Pontianak )

    Reply

  13. ratna
    Apr 23, 2012 @ 02:05:07

    Thanks Ryo udah baca artikel ini … memang ada beberapa yang bilang seperti itu walau belum pasti kebenarannya. Wah kalau untuk kirim mengirim bibit aku kurang berpengalaman, menurutku lebih baik hubungi yang pro aja, coba buka link berikut : http://www.facebook.com/pages/Wijaya-Kusuma/121603917897343 semoga berhasil ya …

    Reply

  14. Uray Nani Iriani
    Jul 25, 2012 @ 05:53:54

    dear ratna …
    thx tuk infonya y .. a br punya satu pot dan br beberapa bln ini jd penghuni rumahku, digantung pas depan pintu rumah .. hari ini begitu a buka pintu rmh tu wk nya penuh dengan bunga .. a g tau pasti apakah bunga2 itu proses mo mekar or tidak tp yg pasti rmhku hari ini haruuuuum sekali , kaget, senang dan terharu bgt bisa melihatnya berbunga … ada yg mau a tanya nih .. knp y di bbrp daunnya ada yg berwarna keputih2an seperti mengering .. apa itu penyakit/hama nya ?

    Reply

  15. ratna
    Jul 25, 2012 @ 13:26:33

    Duh senangnya :D syukurlah. Untuk tahu apakah bunga sedang proses mau mekar, Mbak bisa cek posting foto2 saya diatas yg sudah saya susun berurutan mulai bunga kuncup sampe mekar. Wah jangan sampe keliwatan nanti pas mekarnya loh …
    Daun mengering? Mungkin kurang teduh penempatannya Mbak, atau kurang air sebab pas berbunga dia butuh lebih banyak air. Coba agak diteduhkan semoga nggak bertambah keringnya.
    Makasih ya sudah mampir kemari, senang bisa berbagi cerita :D

    Reply

  16. teguhiw
    Sep 11, 2014 @ 07:36:06

    bunga wijayakusuma memang cantik. kalau mekar, sering tercium aroma wangi yang gimanaaa gitu..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

MAMAKU KOKI HANDAL !

walaupun masakan mama nggak sekece masakan koki hotel bintang 5, tapi masakan mama tetap paling penuh cinta. aku cinta masakan mamaku!

Mind Release

Relax is the key to the higher conscience

ocehan

Just another WordPress.com site

Mata, Rasa & Kata Muadzin

Wadah. Agar tertampung. Tak terbuang.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: